Studi Banding dan Membandingkan



Kampus UTM Malaysia
Pada tanggal 15, 16, 17 Feberuari 2016 Dosen Fakultas Teknik Unmuh Ponorogo akan mengadakan studi banding ke Universiti Teknologi Malasyia (UTM) di Kualalumpur, jumlah peserta 30 orang terdiri dosen dan perwakilan mahasiswa yang kebetulan peraih kakang senduk Ponorogo 2015,  dan peraih juara 1 Nasional Power Point 2015 lalu yang kebagian mewakili mahasiswa.
Tujuan studi banding ini, tentu untuk menambah wawasan sebagai tenaga pendidik agar bisa memacu samangat dalam melaksanakan tugas sebagai dosen, disamping itu menjajaki kemungkinan  kerjasama diberbagai bidang misalnya studi lanjut s3, pertukaran dosen dan juga pertukaran mahasiswa, mungkin juga menggunakan transfer kredit.
Yang peluang sangat besar dan paling dibutuhkan adalah bidang penelitian dan penerbitan jurnal ilmia internasional, sebagai sarana penunjang bidang akademik penelitian ilmiah bagi dosen, sebagai syarat untuk mencapai gelar Profesor atau guru besar.
Penanda Tanangan MoU
Hal lain yang tak kalah pentingnya menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang sudah diberlakukan mulai tahun ini, jadi sangat mustahil serorang dosen berbicara MEA, jangankan berkunjung ke negara-negara ASEAN bahkan pasporpu belum punya, maka hal ini penting untuk mengembangakan wawasan tersebut dengan demikian maka kita hanya dalam angan-angan, tetapi ada kajian dan tindakan nyata.
Kesimpulan
Setelah melakukan studi banding ini, dan tidak hanya membandingkan tapi juga menyaksikan dengan langsung kemajuan yang dicapai negara lain sesama ASEAN, mengukur SDM mereka dan mungkin akan muncul ide kreatif lainnya. Disamping itu dosen sepulang dari kunjungan ini harud membuat suatu paper kerja yang bisa membuat Rencana Tindak Lanjut, pada aksi berikutnya, artinya tidak sekedar studi banding dan membandingkan, harus ada kajian lebih lanjut bidang apa saja yang bisa di ditindaklanjuti secara kongkrit yang saling menguntungkan kedua belah pihak...semoga!!!!

Komentar

Postingan Populer