Market Produksi China


Produk HP Asal Tiongkok
Ini masih seputar perjalanan saya ke beberapa negara, kesan; pertama adalah negeri orang seolah lebih baik dan tertata rapi, kedua; kultur budaya yang jelas berbeda dan terasa sekali perbedaannya. Tapi yang tidak pernah akan terlupakan bagaimana negara yang modern menerapkan teknologi sebagai panduan dalam mensejahterakan masyarakatnya.
Jangan salah tafsir dahulu, bahwa produksi hulu dan penggunanya hampir sama, mengapa demikian? Produk hasil teknologi yang selalu di brand negara barat itu pada era tahun 50an, pada era tahun 70an muncul pendatang baru negeri sakura Jepang dengan kehadiran produksi otomotif dan elektronik membanjiri pasaran mungkin masih sampai saat ini walau tidak seheboh zaman itu. Kini produksi serupa hampir dikuasai oleh dua negara raksasa ekonomi China dan Korea Selatan. Ambil saja contoh produksi yang brand CE (China Electric) disetiap produk walau itu buatan negara selain China, jìka membeli HP dengan merk terkenal sekalipun, lihatlah di belakang akan selalu kata made in China.
Apa alasan  para produsen eletronik di seluruh dunia mempercayakan produk-produknya di rakit, dirancang dan di distribusikan di China. Dikarenakan akibat permintaan pasar akan kebutuhan bahan untuk pembuatan matrial barang-barang elektronik, sehingga dilakukan pembatasan akan kuota pada menyuplaian bahan-bahannya.
Disamping itu, ada lagi alasan mengapa para produsen elekronik ini lebih memilih untuk menjadikan negara China sebagai basis produksinya, itu disebabkan oleh murahnya upah tenaga kerja  yang murahtapi kualitasnya sangat bagus, menjadikan ongkos kerja karyawan yang dipekerjakan dianggap bisa meminimalisir budget dari pihak produsen untuk menekan biaya produksi mereka.
Biaya dan ongkos belanja untuk biaya produksi itu pun cukup murah dan tanpa pembatasan kuota seperti di negara lain, sehingga produsen dapat melakukan produksi secara massal dan besar-besaran untuk penjualan ke seluruh dunia. Nah, karna itulah negara China ini dipilih oleh para produsen brand vendor elektronika terekenal untuk dijadikan basis pembuatan produksinya.
Selain itu ada lagi satu hal yang menjadikan negara China ini dipilih untuk menjadi basis pembuatan produk terkenal, selain dari loyalitas yang tinggi dalam bekerja dengan kualitas kerja yang super hebat, China juga menerapkan biaya shipping (pengiriman) yang murah. Sehingga semakin membuat cost dari harga produk elektronik menjadi lebih murah lagi dan memungkin untuk bisa bersaing.
Maka jangan heran jika berkunjung ke satu nagara kita jika kita membeli produk misal souvenir dan sejenisnya kita akan terkaget, karena harga sesuai standar negara yang kita kunjungi akan tetapi he he he betapa kecewanya ternyata made in china juga....
Kesimpulan, bahwa dunia akan dikuasai oleh negara yang memiliki penguasaan ilmu dan teknologi, disamping itu harus mampu bersaing dengan kualitas tetap menjadi pilihan. Penguasaan ekonomi masuk kesemua sendi kehidupan tanpa batas, tidak mengenal batasan ras, suku, politik bahkan agama sekalipun.
Adelaide, 2016

Komentar

Postingan Populer