Teknologi Otomotif Iran tulisan bagian ketiga

Iran, walaupun negara Iran di embargo ekonomi oleh dunia barat, ternyata geliat ekonomi Iran tidak berhenti, misalnya teknologi otomotif, berdasarkan pengamatan penulis selama di Iran banyak merk lokal yang berkeliaran di jalanan. Produsen otomotif terkemuka di Iran, Iran Khodro Perusahaan (IKCO), meluncurkan mobil mewah "Dena" yang dirakit oleh pabrik dalam negeri. Mobil-mobil mewah itu dijual ke pasar sejak April 2012. Dan Saipa salah satu merk mobil nasional Iran yang mengusai pasar sebanyak 54 % di Iran. Sumber inilah.com
Melihat kenyataan tersebut sebenarnya teknologi canggih bisa mereka kuasai, bahkan pasar mobil Iran sudah merambah keseluruh Timur Tengah.
Melihat dari sisi itu, yang selama ini kita hanya mengikuti dari berita media masa barat cenderung untuk memojokkan negara-negara muslim, selalu yang muncul adalah berita negatif, sehingga apa yang ada di negara seperti Iran hanya teknologi nuklir yang dijadikan senjata untuk memberikan sanksi.
Tidak hanya teknologi otomotif, bangunan berdiri kokoh dan arsitektur modern berdiri ditengah tengah kota, misalnya menara Milad yang menjulang tinggi dengan gaya artsitektur modern tertata dengan rapi dan elok, air mancur yang indah, siapa sangka ada di Iran.
Menara ini dibangun di antara distrik Shahrak-e Gharb dan Gisha di Teheran, dan berdiri setinggi 435 meter. Menara ini adalah menara tertinggi ke-8 di dunia setelah tokyo sky tower di tokyo, kanton Tower di guangzhou, Menara CN di Toronto, Menara Ostankino di Moskwa dan Menara Oriental Pearl di Shanghai. Sumber : wikipidia.
Belum lagi bangunan yang lainnya, termasuk bandara Internasional Khomaini, bediri megah.
Yang tak kalah kagumnya, walaupun masyarakat Iran tidak bisa bertransaksi dengan ATM Internasional, tapi mereka sudah melek teknologi informasi, sistem keamanan sudah rata-rata menggunakan CCTV conrol, menurut ustadz Heidar yang menemani kami di kota Qum bahwa tingkat keamanan di Iran dijamin 90% aman, sedangkan transaksi keuang sudah menggunakan kartu semacam ATM atau emoney.....bersambung

Komentar

Postingan Populer