Telegram Beda Dengan Telegram Masa Lalu.....


 start telegram

 oleh : Ir. Aliyadi, MM, M.Kom*

Pengertian Telegram: Apa itu Telegram? | Kata telegram terdiri dari dua kata yaitu tele yang berarti “jauh” dan gram artinya “tulisan” atau ‘tanda’ atau ‘bentuk’. Secara umum, pengertian telegram adalah tanda-tanda, tulisan, atau berita yang dikirim dan jarak jauh dengan bantuan pesawat telegram. Alat untuk mengirim telegram disebut telegraf.  Telegraf mengirimkan pesan dalam rupa sandi atau tanda-tanda morse. Di Indonesia penggunaan telegram dalam surat menyurat tak dapat dipisahkan dari jasa Perusahaan Umum Pos dan Telekomunikasi (Perum Postel). Penulisan telegram terikat dengan ketentuan-ketentuan yang diatur oleh Perum Postel. Blangko telegram, tata cara penulisan, penetapan tanda baca, dan penghitungan biaya, semuanya diatur oleh Perum Postel, itu adalah sekelumit sejarah tentang telegram.

Dizaman Android Aplikasi Telegram Berbeda Makna.

Telegram, sekarang sedang marak berbagai aplikasi yang merupakan Aplikasi chatting  bernama Telegram, karena bisa digunakan di berbagai perangkat maka tertarik untuk membahasnya. Selama ini yang paling terkenal adalah  WhatsApp (WA).
Whatsapp adalah aplikasi  pesan untuk smartphone dengan basic mirip Blackberry Messenger. WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa biaya SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain. Aplikasi WhatsApp Messenger menggunakan koneksi  3G atau WiFi untuk komunikasi data. Dengan menggunakan WhatsApp, kita dapat melakukan obrolan online, berbagi file, bertukar foto dan lain-lain. (sumber https://id.wikipedia.org/wiki/WhatsApp)
Telegram adalah Aplikasi pesan chatting yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesan chatting rahasia yang dienkripsi end-to-end sebagai keamanan tambahan. Dengan Telegram Anda juga dapat berbagi lebih dari sekedar gambar dan video, tapi Telegram juga memungkinkan Anda mentransfer dokumen atau mengirim lokasi Anda saat ini ke teman dengan mudah. Telegram merupakan aplikasi Terbaik dari semua, cepat, ringan, tidak ada iklan dan  benar-benar gratis. Silahkan kunjungi situs resminya disini.
Telegram mempunyai user interface yang bersih dan mempunyai berbagai fitur, dan karena itu Telegram sangat banyak digunakan orang di seluruh dunia saat ini. Tidak seperti aplikasi chat lainnya, Telegram adalah berbasis cloud, yang berarti Anda dapat dengan mulus memindahkan percakapan Anda antara smartphone, tablet, web dan bahkan di desktop Anda. (sumber: http://www.centerklik.com)
Telegram Messenger aplikasi pesan mobile yang lagi naik daun saat ini, Telegram Messenger dibuat oleh dua adik-kakak asal Rusia, Pavel dan Nikolai Durov. Telegram Messenger hadir dengan sebuah fitur menarik berupa enkrisi pesan. Dengan fitur tersebut, bisa berkirim pesan dengan safe tanpa perlu takut terjadinya kebocoran. (sumber: risandashop.wordpress.com)
Kesimpulan
Semua aplikasi ini merupakan karya anak manusia, tidak ada lagi dikotomi ilmu dikuasai oleh timur dan barat atau blok-blok lain, setiap anak manusia berhak untuk mengembangkan diri siapa yang mempunyai kreasi maka siap-siaplah untuk menjadi penguasa dunia. Akan tetapi dunia teknologi informasi juga meberlakukan hukum rimba, bisa saja saat ini sangat populer, beberapa hari kemudian lenyap dari peredaran, tidak hanya teknologi software, termasuk teknologi hardware, maka semuanya harus siap-siap untuk menghadapi pertarungan didunia bebas tanpa batas tersebut....semoga!!!!

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer