KAMPUNG CYBER di Yogyakarta



Nama   : Sony Dwiki Andika
NIM     : 15532359
KELAS            : 1D/Teknik Informatika

KAMPUNG CYBER di Yogyakarta
Bertempat persis di pelataran komplek wisata pemandian Taman Sari, Yogyakarta. Kampung ini merupakan contoh objek wisata daerah yang terletak di luar Yogyakarta yang ingin menjadikan Cybercity bagi kotanya. Julukan Kampung Cyber bukan hanya slogan agar warga kampung RT.36, RW.09, Taman, kelurahan Pakelan , kecamatan Kraton ini melek teknologi. Tetapi sebagai identitas kampung.

Pada tahun 2009, dengan modal gotong-royong, kampung ini behasil mewujudkan jaringan internet ke rumah-rumah dengan biaya yang murah tiap bulannya, yaitu hanya dikenakan biaya sebesar RP. 40.000 per bulan. Dengan adanya jaringan internet tersebut, segala kegiatan dan informasi yang berkaitan dengan kampung, warga bisa mengaksesnya langsung di situs yang bernama “RT36Kampoengcyber”. Situs ini dimanfaatkan warga untuk mempromosikan potensi usaha para warga kampung Taman. Seperti usaha batik, online shop, dan pendidikan.Semua warga kampungpun sudah tak asing lagi dengan internet,bahkan mulai dari anak-anak sampai usia lanjutpun memiliki akun jejaring sosial.
            Banyak pengunjung dari daerah lain yang datang ke kampung ini untuk menyaksikan langsung kampung yang di bilang “kampung melek teknologi”. Bahkan pada 12 Oktober 2014 tahun lalu, Bos situs jejaring sosial paling banyak digunakan orang “Facebook” yaitu Mark Zuckerberg pergi ke Kampung Cyber untuk menemui penggagas Kampung Cyber Antonius Sasongko. Programer asal Amerika tersebut sengaja menyempatkan diri mengunjungi Kampung Cyber di sela kunjungannya ke kota Jogja.
           

Komentar

Postingan Populer