Langsung ke konten utama

Kuliah online KWH


Mar 8, 2011
Dua jenis layanan terbaru, Layanan IT Entrepreneur dan TV UKM Jatim Online, di-launching Gubernur Jawa Timur, merupakan wujud kepedulian Klinik Koperasi dan UMKM Jatim untuk membangun kesadaran masyarakat dan UMKM akan pentingnya IT dan sekaligus untuk menumbuhkembangkan kewirausahaan dan daya saing ekonomi UMKM.
Upaya pemerintah untuk menumbuhkembangkan kewirausahaan masyarakat dan membangun serta menguatkan kondisi ekonomi UMKM dan Koperasi terus dilakukan. Komitmen ini diwujudkan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Timur melalui terus meningkatnya dan semakin luas dan bertambahnya layanan Klinik Koperasi dan UMKM Jatim.
Dari delapan layanan yang dimiliki, yakni layanan konsultasi bisnis, informasi bisnis, advokasi/pendampingan, short course, akses pemasaran, akses pembiayaan, pusat pustaka entrepreneur, mobil klinik keliling, saat ini dua layanan baru sekaligus di-launching Guber­nur Jatim, di sela Rakorda Pengembangan Koperasi dan UMKM Tahun 2011 yang digelar di kantor Dinas Koperasi dan UMKM Jatim, Selasa (1/3), yakni Layanan IT Entrepreneur dan TV UKM Jatim Online.
Peresmian kedua layanan ini dihadiri Gubernur Jatim Dr H Soekarwo, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jatim Ny Hj Nina Soekarwo dan Ny Fatma Saifullah Yusuf.
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jatim, Drs Braman Setyo MSi mengatakan bahwa tayangan TV UKM Jatim online ini tidak hanya dapat dilihat dan disiarkan untuk lokal warga Jatim, tetapi juga bisa diakses secara nasional bahkan internasional.
“Bahkan kegiatan yang dihadiri Gubernur Jawa Timur ini juga disiarkan langsung ke seluruh dunia,” ujar Braman.
Ditambahkan oleh Bram, layanan ini diharapkan dapat memberi inspirasi dan semangat berwirausaha, menggerakkan, dan memajukan perekonomian daerah. Apalagi saat ini perkembangan IT di Tanah Air sedemikian cepat, dan masyarakat juga sudah terbiasa menikmati berbagai kemajuan IT, termasuk dunia pertelevisian.
Sedangkan Layanan IT Entrepreneur, kata Bram, untuk memberikan pelatihan gratis bagi masyarakat dan UMKM agar menjadi entrepreneur baru yang berbasis IT, sehingga lebih berdaya saing. “Dengan pelatihan ini nantinya masyarakat bisa tahu bagaimana mendesain batik dengan komputer,” katanya memberi contoh.
Ditambahkan oleh Hadiyanto SH SE MM, Kepala Bidang UMKM, bahwa siapa saja boleh mengikuti pelatihan IT atau komputer ini, dan memang gratis tidak hanya untuk UMKM, tetapi juga untuk masyarakat biasa.
“Paling tidak kita ingin meno­long dan meringankan beban biaya masyarakat yang ingin belajar komputer, karena saat ini situasinya menuntut SDM memiliki kemampuan dasar komputer, utamanya masuk di bursa kerja,” kata Hadiyanto.
Namun yang sangat diharapkan, lanjut Hadiyanto, dengan ikut pelatihan dan akhirnya menguasai IT sekaligus bisa sebagai bekal menjadi wirausaha baru, misalnya bisa membuat kartu nama, spanduk, banner, web design, dan lain-lain.
Sedang peserta pelatihan yang berasal dari pelaku UMKM diharapkan dapat semakin mengenal IT untuk kepentingan pengembangan usaha dan meningkatkan daya saing produknya, termasuk memanfaatkan IT untuk perbaikan desain produk, promosi via website/internet, dan lain-lain.
“Pelatihan IT Entrepreneur tentunya akan dilakukan secara bertahap dan terus menerus, sedangkan materinya disesuaikan mulai dari tingkat dasar, menengah, dan atas. Untuk klasifikasi calon peserta disesuaikan dengan tingkat materi pelatihan yang akan dilaksanakan,” ujarnya.
Terkait TV UKM Jatim, Hadiyanto mengatakan bahwa pelaku UMKM dan Koperasi serta Pembina Kabupaten/Kota dapat memanfaatkan TV UKM Jatim online ini. Salah satunya untuk keperluan promosi produk dan publikasi program unggulan daerah, serta dapat dimanfaatkan untuk keperluan talk show secara live di studio TV UKM Jatim, sehingga hal ini akan mempercepat pemerataan informasi dan meningkatkan akselerasi perkembangan sektor riil UMKM dan Koperasi.
Di sisi lain, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jatim, Bra­man Setyo, mengatakan langkah yang dilakukannya itu tak lepas dari upaya Pemprov Jatim yang menargetkan tahun 2013 akan mampu menyalip DKI Jakarta, dalam hal kontribusi terbesar di sektor perekonomian.
Tak heran jika upaya yang dilakukan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur ini mendapat dukungan penuh Gubernur Jawa Timur Soekarwo.
Menurut Soekarwo, sektor UMKM menjadi salah satu penopang pertumbuhan ekonomi Jatim yang di 2010 mencapai 6,67 persen. Dari sektor UMKM pula perdagangan antarpulau dari Jatim cukup membanggakan, bahkan nilainya jauh di atas nilai ekspor nonmigas.
“Upaya-upaya semacam ini diharapkan akan mampu kian mendongkrak penguatan ekonomi Jatim. Contoh saja, dengan pelatihan IT pelaku UMKM akan mampu menekan biaya komunikasi dan distribusi, dan mereka bisa berhubungan langsung dengan pembeli,” ungkap Soekarwo.
Jika berbagai upaya itu bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan, Soekarwo yakin pertumbuhan ekonomi Jatim akan terus meningkat. Bahkan, pada 2013 mendatang ditargetkan bisa mencapai 8 persen. ida/dio

Beri Umpan Balik.

Komentar

  1. Mahasiwa Teknik Informatika KWH tidak yang online, sampai saat ini,

    BalasHapus
  2. wah bagus bgt sih pak,
    saya suka bgt nonton acara "30 hari jadi pengusaha" yg disiarkan JTV. tp sayangnya knapa ko cma presentasi anggota ja yg disiarkan.
    sprti cara, teknik dan motivasi usaha gak pernah disiarkan.
    pdhal sudah saya tunggu-tunggu itu pak!!!
    kira-kira di ponorogo ada gak ya yang seperti itu???

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. 07530151
    langgeng sekti nugroho

    itu sangat bagus sekali pak, Bisa menambah pengetahuan tentang bagaimana cara berwira usaha yg baik dan sehat.
    tapi sosialisasi tentang UMKM belum menjangakau keseluruh masyarakat apalagi masyarakat dari pedesaan.
    andai saja sosoalisasi itu dilakukan sampai pada kalangan masyarakat desa mungkin akan lebih membuat perekonomian masyarakat terangkat sehingga akan merubah taraf hidup yang modern.

    BalasHapus
  5. NAMA : HERU WIDODO
    NIM : 09530480
    KELAS : TI 4A

    WADUHHH PAK-PAK

    LIHAT MATERI BAPAK TENTANG KEWIRAUSAHAAN DIATAS RASANYA PENGEN IKUT PAK.WALAUPUN MASIH SEMESTER 4 YANG SKSNYA BELUM DAPAT.
    MANNNNTEPPP PAK

    BalasHapus
  6. MUH PRIO SUSILO
    09530678

    Hidup adalah tantangan tannpa tantangan bukan berarti tidak hidup.
    Melakukan sesuatu yang membuat diri sendiri bahagia adalah sebuah kebanggaan.
    Namun akan lebih sempurna kebanggaan tersebut jikalau mampu membagi kebahagiaan kepada orang-orang di sekitar kita.
    Membuat sebuah usaha sendiri dan mengajak orang-orang di sekitar kita untuk mengolahnya merupan usaha yang paling sempurna di bandingkan menjadi seorang karyawan di sebuah perusahaan besar dengan gaji besar.

    BalasHapus
  7. Nama: Saiful Amri
    Nim: 07530223
    bagus pak menambah informasi tentang berwirausaha dan bisa bertukar pengalaman dalam berwirausaha.

    tambahan: Pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) diharapkan memakai strategi kluster. Strategi kluster penting untuk diterapkan agar UMKM-UMKM bisa berkembang dengan cepat dan terfokus.

    BalasHapus
  8. Nama: Saiful Amri
    Nim: 07530223
    bagus pak menambah informasi tentang berwirausaha dan bisa bertukar pengalaman dalam berwirausaha.

    tambahan: Pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) diharapkan memakai strategi kluster. Strategi kluster penting untuk diterapkan agar UMKM-UMKM bisa berkembang dengan cepat dan terfokus.

    BalasHapus
  9. Siswaji
    08530422

    Dengan acara seperti ini maka semakin banyak inspirasi yang dapat diperoleh dan akan banyak mencetak wirausahawan baru dan mendorong orang untuk selalu meraih sukses sekaligus kemuliaan hidup.

    BalasHapus
  10. Nama : Fajar Khoirul Anam
    NIM : 085.303.79

    Upaya pemerintah Jatim di atas sangat baik dan mungkin akan berdampak positif di kemudian hari, khususnya dlm upaya peningkatan mutu UMKM dan perekonomian prov. Jatim sendiri. Hal ini seiring dg perkembangan zaman di era globalisasi yg semakin terasa pada waktu sekarang ini. Dimana tdk bisa dipungkiri bahwa bisnis berbasis internet merupakan sarana terbaik dan efektif dlm berusaha di era seperti ini.

    Salut pada Pemprov Jatim,,,,Tapi yg saya sesalkan apabila program pemerintah Jatim ini hanya semangat pada awalnya saja, tanpa usaha2 lebih lanjut lagi sehingga program ini tepat sasaran kepada masyarakat, karena tdk bisa diabaikan juga bahwa masih banyak masyarakat jatim yg blm bisa bahkan masih sangat awam pada pengaksesan internet.

    BalasHapus
  11. Yusuf Haryadi
    08530262

    Mantab....
    Bisa dijadikan informasi dan inspirasi

    BalasHapus
  12. Anggit Eko Prasetyo
    Nim (08530360)

    Setuju,
    Saya sependapat dengan hasil referansi bapak,
    Karna cocok di jadikan sumber informasi,
    dalam dasar pemulaan berwira swasta.

    BalasHapus
  13. nama : setiyo utomo
    NIM : 09530460
    Jurusan : TI 4 PROSUS

    SETUJU banget pak
    mungkin dengan di keluarkannya Layanan IT Entrepreneur dan TV UKM Jatim Online, masyarakat lebih bisa mengetahui betapa pentingnya layanan tersebut dan sekaligus bisa merasakan manfaatnya tidak hanya mengetahui.
    ya mungkin masyarakat" yaang masih muda sedikit lebih maju,terutama bagi pemuda pemudi yang masih gaptek. karena merka adalah harapan bangsa.
    sayang kan kalau mereka berwirausaha hanya mengandalkan uang dan skil tanpa memanfaatkan tekhnologi yang semakin canggih.

    BalasHapus
  14. EKO BUDI SANTOSO
    Nim : 08530389
    TI PROSUS SEJAATIII. . .

    Saya sangat setuju dan sependapat dengan informasi, inspirasi dan referansi dari bapak, karena dengan banyaknya informasi maka setidaknya bisa menjadi peluang untuk berusaha dan berwiraswasta sehingga dapat memperoleh kesuksesan dan memperoleh penghasilan.

    BalasHapus
  15. BAMBANG BUDI P
    08530387
    VI D

    Kemajuan teknologi semakin pesat dlm hal berwirausaha,,semakin banyak informasi yg di dapat pula,di lihat dari segi ekonomi, kemajuan teknologi informasi sangat membantu bisnisman atau para usahawan dalam memasarkan atau mempromosikan produknya. contohnya melalui media internet merupakan sebuah jawaban yang sangat efisien, efektif dan relatif murah jika dibandingkan terjun ke lapangan langsung.dengan teknologi informasi ini, cara bertransaksi juga lebih mudah, dapat di lakukan secara online di manapun kita berada misalnya melalui mobile banking, internet banking.
    sehingga pembeli juga tidak perlu mendatangi tempat penjualan tersebut sehingga biaya transportasi dapat di tekan untuk lebih hemat dan tidak membuang tenaga. namun, dengan kemajuan teknologi ini calon konsumen juga harus lebih hati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang sering terjadi di dunia maya.

    BalasHapus
  16. NAMA:RETNO INDAH
    NIM:08530412
    VI D
    Dengan tambahan layanan baru diharapkan Jatim makin sukses dalam sektor UKM,tidak untuk itu saja tapi sampai seterusnya.Dan dengan adanya IT Entrepreneur dibarapkan perajin dapat mendesain produknya sendiri dan memiliki daya saing global.Apalagi kemajuan teknologi untuk saat ini sudah semakin pesat di berbagai kalangan masyarakat.

    BalasHapus
  17. Eni Nurdiana
    08530259
    6A


    Saya sangat setuju, dengan adanya informasi tersebut. Karena dapat menjadi inspirasi dan motivasi untuk berbisnis dan berwirausaha bagi masyarakat. Serta peluang tersebut diprediksikan bisa meningkatkan perekonomian di masa skarang dan yang akan datang.

    BalasHapus
  18. Guntur Johan B.
    08530310
    6B

    Acungan jempol untuk pemprov. jatim yang masih memandang rakyat kecil, program tersebut sangat membantu khususnya bagi rakyat dengan ekonomi menengah kebawah, semoga UMKM khususnya di jatim lebih berkembang dan perekonomian di jatim lebih baik lagi..Tks

    BalasHapus
  19. L. SAICHI MR / 08530336 / 6C

    THAT IS OKEY..... GOOD IDEA N ACTIONS....

    MAJU TRUS ENTERPRENOURSHIP JATIM KHUSUSNYA, N 4 ALL INDONESIA....
    SMOGA SUKSES SLALU.........

    BalasHapus
  20. NAMA : HENDRIAWAN NIDYA ARISKA
    NIM : 10530907
    KELAS : TI. 4E

    SAYA SENANG DENGAN PERENCANAAN YANG AKAN DILAKUKAN PEMROV JATIM...SEMOGA APA YANG DILAKUKAN TIDAK SIA-SIA...DAN TIDAK HANYA SEJUTA GOMBAL JANJI....DENGAN ADANYA ENTERPRENEUR INI DAPAT MENGURANGI KEMISKINAN...SEMAKIN BANYAK KEMISKINAN BERKURANG SEMAKIN BAGUS....SEMOGA IT JATIM SEMAKIN DIDEPAN...
    AMIEN

    BalasHapus
  21. syarat jadi pengusaha :
    1. mulai
    2. mulai
    3. mulai
    4. mulai jangan menunda

    BalasHapus
  22. YUNITA KUSRIANAWATI
    10530748
    TI PROSUS / TRANSFER

    Saya sangat setuju Pak, apalagi kalo pelatihan kewirausahaan itu tidak hanya diberikan kepada kalangan tertentu saja (yang berprofesi sebagai pengusaha) melainkan kepada seluruh masyarakat Umum. Sehingga diharapkan semua yang mengikuti kegiatan atau latihan tersebut mempunyai wawasan tentang kewirausahaan sebagai modal untuk terjun ke dunia usaha...

    BalasHapus
  23. septi ria valanty
    09530720
    ti prosus 4

    pak nilaiq kwh kok belum keluar ya...,padahal udah tak posting,

    BalasHapus
  24. Nama : Siti Miftakul Janah
    Nim : 09530716
    Kelas : TI Extensi 4

    Setuju sekali Pak, Pelatihan kewirausahaan bisa untuk acuan menjalani masa depan kelak.dan pendapatan orang berwirausaha jauh lebih banyak daripada seorang pegawai negeri.Jika usaha mereka berkembang.

    BalasHapus
  25. bambang jatmoko/ teknik mesin ump/ 09510606
    bagus dan mantab. semoga berhasil dan berlangsung terus kegiatan seperti ini. kalo perlu [\peserta pelatihan mendapat pengarahan harus bagaimana dan kemana setelah selesai pelatihan?

    BalasHapus
  26. YUNITA KUSRIANAWATI
    10530748

    Pak nilai sy kok belum keluar...makasih

    BalasHapus
  27. NAMA : HILDA MASRUROH
    KELAS : 6A
    NIM : 08530276
    JURUSAN : TI



    Saya setuju pak karena hal itu dapat dijadikan semangat dan motivasi untuk menjadi wira usahawan yang maju dan terampil

    BalasHapus
  28. Andri wijayanto
    NIM:07530253/TI/8

    sangat setuju pak apalagi apalagi klo pelatihan kewirausahaan sampai didesa saya bisa jadi lebih maju ni desa saya ....terutama usaha dagang keluarga saya....hehehee

    BalasHapus
  29. NAMA : EKO EDI SAPUTRO
    NIM : 07530232 / 8B
    “ TEKNIK INFORMATIKA “

    Saya sependapat dengan upaya pemerintah Jatim karena upaya tersebut memberikan dampak positif dan dapat memberikan motivasi terhadap masyarakat Jatim. Semoga UMKM Jatim bisa lebih berkembang dan lebih baik lagi.

    Salut untuk pemprov. Jatim !!

    BalasHapus
  30. Nama : SETYO BUDI
    Nim : 09530579


    Seandainya di Ponorogo

    Saya sangat mendukung dengan upaya-upaya semacam ini diharapkan akan mampu kian mendongkrak penguatan ekonomi Ponorogo. Contoh saja, dengan pelatihan IT pelaku UMKM akan mampu menekan biaya komunikasi dan distribusi, dan mereka bisa berhubungan langsung dengan pembeli,”

    BalasHapus
  31. nama:iwan adhi purnama
    nim :07530153
    TI : 8a


    pak nilai KWH III saya kok nggak keluar,,,padahal saya sudah mengumpulkan...mungkin bapak salah nulis nim,,karena ada nim dan nilainya yang sama...coba bapak cek lagi...

    BalasHapus
  32. nama : wahyu eko widodo
    nim : 09530639
    kelas: TI semester IV Prosus

    sangat setuju pak
    dengan adanya Layanan IT Entrepreneur dan TV UKM Jatim Online masyarakat bisa belajar berwirausaha dan bisa membantu mengurangi pengganguran yang berada di jawa timur.

    BalasHapus
  33. -------------------------
    Nama :Muhidin
    Nim :09530493
    Jur :TI (prosus IV)
    -------------------------

    Dengan adanya program tersebut saya yakin Masyarakat jawa timur khususnya ponorogo mencetak generasi2 yang berwawasan IT dan mampu mencetak generasi2 Entrepreneur yang memiliki wawasan yang tinggi.

    BalasHapus
  34. ---------------------------------------------
    Nama : Prasetyan Kurniawan
    NIM : 09530492
    Kelas : TI / Ekstensi 4
    ---------------------------------------------
    Walaupun ada Layanan IT Entrepreneur dan TV UKM Jatim Online, tapi kalo tidak ada kemauan.Kalo menurut saya sih tinggal kemauan individunya aja.Kalo tiap personnya tidak ingin berkembang ya ga' akan bisa untuk berkembang.

    BalasHapus
  35. nur asih
    07530178

    hal yang menarik bagi kita semua...pemerintah ingin menjadikan kita sebagai enterpreuner-enterpreuner...!!tetapi kadang sinkronisasi pemerintah pusa(provinsi) dengan pemerintah yang ada didaerah(kabupaten) kadang tidak sejalan...bisa kita lihatdalam rfealita yang ada, bahwa pemerintah yang sekarang pemerintahan yang liberalisme...dalam segala sesuatunya harus dengan uang. jika kita baru memulai dari bawah kemudian pemerintaha seharrusnya membimbing kita untuk maju malah memalaki kita dengan pajak-pajak jalan kapan bisa berjalan UKM di jatim???terkait dengan niat terrsebut semoga saja jawa timur bisa maju lagi UKM-UKmnya...amin...

    BalasHapus
  36. sumari
    08530260/TI6A

    ide yang sangat bagus sekali pak, bisa menambah pengetahuan tentang bagaimana cara berwira usaha.hanya saja masalah sosialisasi tentang UMKM belum menjangakau keseluruh masyarakat apalagi masyarakat pedesaan yang kurang begitu akan pentingya informasi.alangkah baiknya sosialisasi sampai ke desa2 agar membuat perekonomian masyarakat lebih maju.

    BalasHapus
  37. ALFIAN FAUZI
    07530140
    TI-8A

    sangat bagus sekali
    Bisa menambah pengetahuan tentang bagaimana cara berwira usaha yg baik dan sehat. tapi sosialisasi tentang UMKM belum menjangakau keseluruh masyarakat apalagi masyarakat dari pedesaan.
    saya Pernah menonton acara "30 hari jadi pengusaha" yg disiarkan JTV. tapi acara ini ada kekurangannya karena cma presentasi anggota saja yang ditayangkan.

    BalasHapus
  38. Hanif Dharuri
    07530220
    TI-8B

    Saya sangat setuju dan sependapat dengan informasi dan referensi dari bapak,tetapi di kota tercinta kita ini susah pak cari surat izin usaha.(itu saya tau juga dari orang2 pak).hal seperti itu seharusnya pemerintah membenahi terlebih dahulu,agar semua aspek yang berhubungan dengnan usaha jadi lebih baik. karena dengan begitu semua masyarakat bisa mencoba untuk berwirausaha.dan tidak menutup kemungkinan semua orang jadi pengusaha sukses kan pak...!

    BalasHapus
  39. Gunanto
    09530682
    Ti 4 prosus
    wah itu ide bagus klo bisa kita ingat prinsip wirausaha bukannya mencari pekerjaan namun menciptakan lapangan pekerjaan. kalo semua mencari kerja indonesia akan banyak penganguran kuliahpun tak ada artinya.

    BalasHapus
  40. JOKO SUSANTO
    09530692
    TI/4prosus
    program dimaksud sangat memotivasi Masyarakat khususnya generasi" yang berwawasan IT dan mampu mencetak generasi" Entrepreneur yang memiliki wawasan yang tinggi. namun tanpa tindakan dan keberanian untuk merealisasikan tidak akan ada perubahan bagi kita

    BalasHapus
  41. ARIS MAHENDRA
    09530731 / TI EKSTENSI 4

    bisa menambah pengetahuan dan memberikan motivasi buat kita untuk menciptakan lapangan pekerjaan dimana pengangguran semakin meningkat

    BalasHapus
  42. FAJAR DWI CAHYANTO
    07530247 / TI 8 B

    Layanan IT Entrepreneur dan TV UKM Jatim Online bisa menciptakan pengalaman berwirausaha, dan semakin membuka lapangan pekerjaan

    BalasHapus
  43. ARDINA ARINTA MUHARYANTI/09530588/PROSUS IV

    Layanan IT Entrepeneur dan TV UKM Jatim Online. Terobosan yang bagus pak buat pembelajaran bagi masyarakat. Tayangan yang mudah diterima dan dipelajari buat masyarakat awam. Walaupun sejatinya keberhasilan ini harus dimulai dari dukungan dan kemauan berbagai pihak.
    Indonesia masih punya budaya "latah". Melihat sodara,tetangga membuka usaha baru dan mulai maju, diikutinya membuka usaha yang sama, tanpa bekal perhitungan dan pengetahuan yang cukup. "Akhir kata usaha2 yang tumbuh hilang banyak terjadi, karena persaingan yang tidak sehat".
    Yang penting dalam perkembangan ekonomi juga harus membina mental para calon pengusaha untuk tetap berada di jalur etik yang dijalaninya.
    "SELAMAT BERWIRA USAHA"

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer