MENGEJAR ISO 9001 : 2008

ISO 9001 merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Suatu lembaga/organisasi yang telah mendapatkan akreditasi (pengakuan dari pihak lain yang independen) ISO tersebut, dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu produk/jasa yang dihasilkannya.
ISO 9001:2008 merupakan sebuah standar internasional untuk sistem manajemen Mutu / kualitas.ISO 9001:2008 menetapkan persyaratan – persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen mutu. ISO 9001:2008 bukan merupakan standar produk, karena tidak menyatakan persyaratan – persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah produk (barang atau jasa).
ISO 9001:2008 hanya merupakan standar sistem manajemen kualitas. Namun, bagaimanapun juga diharapkan bahwa produk yang dihasilkan dari suatu sistem manajemen kualitas internasional, akan berkualitas baik (standar) dan dapat di terima oleh pasar tentunya.
Management Systems ISO 9001:2008 Merupakan prosedur terdokumentasi dan praktek – praktek standar untuk manajemen sistem, yang bertujuan menjamin kesesuaian dari suatu proses dan produk (barang atau jasa) terhadap kebutuhan atau persyaratan tertentu, dimana kebutuhan atau persyaratan tertentu tersebut ditentukan atau dispesifikasikan oleh pelanggan dan organisasi.

2. Manfaat Penerapan ISO 9001:2008

Banyak sekali perusahaan jaman sekarang ini menganggap bahwa penarapan ISO 9001:2008 dalam perusahaan mereka merupakan bagian dari sebuah INVESTASI SYSTEM yang mana keuntungan yang mereka peroleh tidak dapat langsung di rasakan saat itu juga  tetapi akan terasa sekali apabila system tersebut telah di tarapkan dalam perusahaan secara terus menerus. Ada beberapa manfaat atau keuntungan yang akan di raih oleh sebuah organisasi/perusahaan dalam penarapan ISO 9001 :2008, diantaranya adalah:

• Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

• Jaminan Kualitas Produk dan Proses

• Meningkatkan Produktivitas perusahaan & “market gain”

• Meningkatkan motivasi, moral & kinerja karyawan

• Sebagai alat analisa siapa dan bagaimana menghadapi kompetisi pasar

• Meningkatkan hubungan saling menguntungkan dengan pemasok

• Meningkatkan cost efficiency & keamanan produk

• Meningkatkan komunikasi internal dari organisasi/perusahaan

• Meningkatkan image positif perusahaan dari kompetiter demikian juga pasar

• Sistem terdokumentasi, rapi

• Media untuk Pelatihan dan Pendidikan

3. Maintenance-Improvement all the time

ISO 9001 : 2008 berisi standard / elemen yang memungkinkan organisasi / industry dalam melakukan perbaikan yang berkesinambungan ( Continual Improvement ) pada yang mana semuanya harus di sesuikan dengan culture, relationship dalam tubuh organisasi tersebut, sehingga sistim yang ada akan selalu teraupdate dengan kondisi perusahaan dan tuntutan pada era tersebut, ada beberapa hal yang memungkinkan dilakukan maintenance-improvement all the time dalam hal ini, misalnya  :
1. Proses yang terkait dengan pelangan

2. Sistem Kepemimpinan / Leadership

3. Manajemen sumber daya

4. Perbaikan dan peningkatan proses

5. Sistem manajemen

6. Pengambilan keputusan yang Factual

7. Transportasi

8. Peningkatan kwalitas product yang di hasilkan

9. STrategy marketing

(Sumber:https://strategibisnisdanisoseries.wordpress.com)

 

Komentar

Postingan Populer